Manfaat Herbal Untuk Kesehatan

Memberikan informasi tentang dunia herbal, manfaat herbal, obat herbal, khasiat tumbuhan, tanaman obat, tanaman toga, obat penyakit, obat tradisional, resep obat herbal, resep obat kuno, kesehatan.

==========================================
PLASTIK PERTANIAN
Melayani kebutuhan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik LDPE, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, Kantong Sampah Plastik, dll.

Hubungi kami:
• SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950
• Phone : 031-8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan - Hallo sahabat Manfaat Herbal Untuk Kesehatan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Pare, Artikel Penyakit Diabetes Melitus (Kencing Manis), Artikel Penyakit Jantung, Artikel Penyakit Liver, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan
link : Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan

Baca juga


Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan

Buah pare atau peria memiliki banyak nama lokal; di daerah Jawa di sebut sebagai paria, pare, pare pahit, pepareh. Di Sumatera, peria dikenal dengan nama prieu, fori, pepare, kambeh, paria. Orang Nusa Tenggara menyebutnya paya, truwuk, paitap, paliak, pariak, pania, dan pepule, sedangkan di Sulawesi, orang menyebutnya dengan poya, pudu, pentu, paria belenggede, serta palia.

Di negara-negara Asia Timur, seperti Jepang, Korea, dan Cina, pare dimanfaatkan untuk pengobatan, antara lain sebagai obat gangguan pencernaan, minuman penambah semangat, obat pencahar dan perangsang muntah, bahkan telah diekstrak dan dikemas dalam kapsul sebagai obat herbal/jamu.

Buahnya yang terasa pahit, di Indonesia biasa diolah sebagai sayur, misalnya pada gado-gado, pecel, rendang, atau gulai. Di Cina pare diolah dengan tausi, tauco, daging sapi, dan cabai sehingga rasanya makin enak atau diisi dengan adonan daging dan tofu. Sedangkan di Jepang peria jadi primadona makanan sehat karena diolah menjadi sup, tempura, atau asinan sayuran.

Kandungan senyawa dalam buah pare antara lain:
- buahnya mengandung: albuminoid, karbohidrat, dan pigmen
- daunnya mengandung: momordisina, momordina, carantina, resin, dan minyak
- akarnya mengandung: asam momordial dan asam oleanolat
- bijinya mengandung: saponin, alkaloid, triterprenoid, dan asam momordial.

Buahnya yang berasa pahit biasa diolah sebagai sayur, misalnya pada gado-gado, pecel, rendang, atau gulai. Di Cina peria diolah dengan tausi, tauco, daging sapi, dan cabai sehingga rasanya makin enak atau diisi dengan adonan daging dan tofu, sedangkan di Jepang peria jadi primadona makanan sehat karena diolah menjadi sup, tempura, atau asinan sayuran.

Ekstrak biji peria selain digunakan sebagai bahan obat, ternyata juga dapat digunakan sebagai pembasmi larva alami yang merugikan seperti larva Aedes aegypti yang menyebarkan penyakit demam berdarah dengue atau DBD.

Pare Untuk Menyembuhkan Diabetes (Kencing Manis)
Sejak zaman purba pare digunakan untuk merawat penderita kencing manis karena terbukti berkhasiat hipoglikemik melalui insulin nabati yang mengurangi kandungan gula dalam darah dan air kencing. Selain itu buah pare diduga memiliki komponen yang menyerupai sulfonylurea, yakni obat antidiabetes paling tua. Obat jenis ini menstimulasi sel beta kelenjar pankreas tubuh memproduksi insulin lebih banyak, selain meningkatkan deposit cadangan gula glikogen di hati. Momordisin, sejenis glukosida yang terkandung dalam peria juga mampu menurunkan kadar gula dalam darah dan membantu pankreas menghasilkan insulin. Efek peria dalam menurunkan gula darah pada kelinci diperkirakan juga serupa dengan mekanisme insulin.

Penemuan buah pare sebagai antidiabetes ini diperkuat oleh hasil penelitian ahli obat berkebangsaan Inggris, A.Raman & C.Lau pada tahun 1996 yang menyatakan bahwa sari dan serbuk kering buah pare menyebabkan pengurangan kadar glukosa dalam darah dan meningkatkan toleransi glukosa. Dalam ramuan tradisional, buah pare ditumbuk hingga menghasilkan cairan pahit atau merebus daun serta buahnya sehingga menghasilkan air yang dapat diminum secara langsung. Sebagai obat diabetes, buah peria dapat disajikan sebagai teh karena terbukti tidak memiliki efek samping terhadap sistem pencernaan sehingga tepat dikonsumsi oleh penderita yang mengalami konstipasi.

Manfaat lain dari buah pare bagi kesehatan antara lain:
- mengurangi resiko terkena kanker, serangan jantung, infeksi virus
- membersihkan hati dari racun & meregenerasi sel-sel hati yang telah rusak
- membersihkan ginjal & mengurangi resiko terkena batu ginjal
- membantu menyembuhkan gangguan pernafasan (asma, bronkitis)
- obat malaria
- memperlancar buang air besar
- meningkatkan kekebalan tubuh
- mengeluarkan cacing kremi
- membersihkan darah bagi wanita yang baru melahirkan
- menambah nafsu makan
- menyembuhkan batuk

Cara mengkonsumsi buah pare
1. Dibuat Jus
- 200 gr buah pare dicuci bersih lalu diblender
- tambahkan air minum secukupnya
- peras dengan spotong kain atau disaring
- air hasil perasan atau disaring tadi dihangatkan dengan api kecil selama 15 – 30 menit
- setelah dingin ,minum , lakukan setiap hari.

2. Direbus
- 200 gr buah pare dicuci lalu di iris – iris tipis
- rebus dengn 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas setelah dingin disaring
- minum, lakukan setiap hari

3. Dikemas Dalam Kapsul
- bagi kita yang sibuk & tidak punya waktu untuk membuat jus atau merebus bisa mengkonsumsi ekstrak buah pare yang sudah dikemas dalam bentuk kapsul. Silahkan beli di toko obat atau apotik terdekat.


Demikianlah Artikel Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan

Sekianlah artikel Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan dengan alamat link http://produkherbal99.blogspot.com/2014/11/manfaat-buah-pare-bagi-kesehatan.html

0 Response to "Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan"

Posting Komentar